Inilah Keutamaan Tanggal 10 Bulan Muharram Yang Tidak Banyak Orang Tau!

Oleh: Pada: 19 September, 2018
tanggal 10 muharram

Ini sedikit share saya selama ngaji bersama KH abdul ghofur pengasuh pondok pesantren sunan drajat paciran lamongan jawa timur, ada banyak keutamaan dibulan muharrom khususnya di tanggal 10 muharrom (suro dalam bahasa jawa).

dalam kisah para nabi dan utusan Allah (rosululloh) tanggal 10 menjadi tanggal yang keramat dimana tanggal 10 muharrom (suro) terdapat kejadian-kejadian yang sangat luar biasa terjadi kepada para nabi dan juga rosul.

tanggal 10 suro menjadi momen untuk kita berfikir-fikir dan mengambil hikmat dari banyak kejadian-kejadian pada jaman dahulu (jaman nabi).

berikut ini 11 kejadian-kejadian pada tanggal 10 muharrom yang terjadi pada para nabi.

 

1. Nabi Musa

Pada tanggal 10 muharrom (suro) nabi musa mengalahkan raja fir’aun, ketika itu nabi musa bisa membebaskan bani israil dari raja firaun, kisahnya yaitu nabi musa lari kearah laut nabi musa selamat dan raja firaun tenggelam dilaut bersama pengikutnya, (kisah lebih lengkap bisa dicari di buku atau di google).

oiya diwaktu yang sama ada nabi harun (jadi ada nabi musa dan nabi harun).

Nabi muhammad memerintahkan umatnya untuk puasa pada tanggal 10 dibulan muharrom, berdasarkan hadits dibawah ini.

قَدِمَ النَّبِيُّ صَلَّى الهُم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْمَدِينَةَ فَرَأَى الْيَهُودَ تَصُومُ يَوْمَ عَاشُورَاءَ فَقَالَ مَا هَذَا قَالُوا هَذَا يَوْمٌ صَالِحٌ هَذَا يَوْمٌ نَجَّى الهُل بَنِي إِسْرَائِيلَ مِنْ عَدُوِّهِمْ فَصَامَهُ مُوسَى شُكْرًا قَالَ فَأَنَا أَحَقُّ بِمُوسَى مِنْكُمْ نَحْنُ نَصُوْمُهُ تَعْظِيْمًا لَهُ

Artinya:
“Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam tiba di Madinah, kemudian beliau melihat orang-orang Yahudi berpuasa pada hari Asyura. Beliau bertanya :”Apa ini?” Mereka menjawab :”Sebuah hari yang baik, ini adalah hari dimana Allah menyelamatkan bani Israil dari musuh mereka, maka Musa berpuasa pada hari itu sebagai wujud syukur. Maka beliau Rasulullah menjawab :”Aku lebih berhak terhadap Musa daripada kalian (Yahudi), maka kami akan berpuasa pada hari itu sebagai bentuk pengagungan kami terhadap hari itu.”

ada tambahan juga, Nabi Muhammad juga memerintahkan puasa pada tanggal 9 bulan muharrom (suro) disebut dengan puasa Tasu’a, alasannya supaya tidak menyamai orang-orang yahudi, supaya kita berbeda dari orang-orang yahudi.

Dan ada tambahan lagi yaitu puasa ditanggal 11, jadi puasa 3 hari berturut-turu pada tanggal 9,10,11 di bulan muharrom, haditsnya saya tidak hafal alias lupa, tapi poinnya begitu yang saya ingat.

oke masalah puasa sudah selesai, lanjut dengan kisah-kisah di tanggal 10 muharrom.

 

2. Nabi Ibrahim

Tanggal 10 muharrom (suro) nabi ibrahim selamat dari dibakar, ya ini gara-gara nabi ibrahim memecahkan/menghancurkan berhala orang kafir. (kisah lebih lengkap bisa dicari di google).

 

3. Nabi ISA

Tanggal 10 muharrom (suro) Nabi isa diangkat ke langit, tepat pada tanggal 10 bulan suro.

 

4. Nabi Idris

Tanggal 10 muharrom (suro) Nabi Idris dimasukkan dalam surga, tau gak sih nabi idris itu pintar politknya hehe… malaikat saja bisa dikalahkan alias malaikat dikibulin, nabi idris meminta kepada “malaikat jibril” supaya dipertemukan dengan malaikat pencabut nyawa yaitu “malaikat izroil”, setelah ketemu malaikat izroil nabi idris meminta kepada malaikat izroil supaya nyawanya dicabut sebentar saja, nabi idris ingin mencoba bagaimana rasanya mati, oke setuju langsung saja dicabut nyawanya.

Setelah mati nabi idris meminta malaikat jibril sebentar saja supaya nabi idris dimasukkan kedalam surga (pengen lihat-lihat), oke setuju akhirnya nabi idris masuk kedalam surga dan riang gembira, malaikat jibris bilang: “nabi idris ayo kembali katanya sebentar saja”, nabi idris jawab: “tidak mau”, dia (nabi idris sudah betah disurga) malaikat jibril: “tidak boleh idris, masuk surga harus mati dulu” nabi idris: “la tadi saya sudah mati” begitulah kira-kira cerita singkatnya. untuk kisah lengkap bisa baca kitab qishosul ambiya’.

 

5. Nabi Nuh

Tanggal 10 muharrom (suro). kejadian bencana alam, kalau sekarang semacam tsunami, ketika itu nabi nuh naik kapal lalu berlabuh di gunung “judhi” tepat kejadian itu tanggal 10 bulan muharrom.

 

6. Nabi sulaiman

Tanggal 10 muharrom (suro) nabi sulaiman diberikan tahta menerima kerajaan besarnya, dia menjadi raja tepat kejadian itu tanggal 10 bulan muharrom dan memiliki kerajaan yang sangat besar.

 

7. Nabi Yunus

Tanggal 10 muharrom (suro) Nabi Yunus keluar dari dalam perut ikan. (nabi yunus berdoa baca tasbih didalam perut ikan).

tasbih yang dibaca yaitu:

لَا إِلَٰهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

dan ada yang lainnya, yaitu doa nabi adam :

رَ‌بَّنَا ظَلَمْنَا أَنفُسَنَا وَإِن لَّمْ تَغْفِرْ‌ لَنَا وَتَرْ‌حَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِ‌ينَ

 

8. Nabi Ya’kub

Tanggal 10 muharrom (suro) Nabi Ya’kub sembuh dari sakitnya, yaitu “buta mata”, sakitnya gara-gara kehilangan anaknya yaitu nabi yusuf sat masih kecil, setelah beberapa tahun nabi yusuf besar kembali dan bertemu ayahnya yaitu nabbi ya’kub ketika itu diusap dengan bajunya nabi yusuf langsung sembuh.

 

9. Nabi Yusuf

Tanggal 10 muharrom (suro) Nabi Yusuf keluar dari “sumur” ditemukan oleh pedagang dan dibesarkan.

 

10. Nabi Ayyub

Tanggal 10 muharrom (suro) Nabi ayyub sembuh dari sakitnya yang menggerogotinya bertahun-tahun.

 

11. Pertama Hujan dibumi

Allah membuat hujan pertama kali didunia tepat pada Tanggal 10 muharrom (suro).

Sebenarnya masih ada beberapa kisah, saya sedikit lupa, jadi cukup sebelas (11) ini saja, dan begitulah kira-kira kejadian-kejadian dan keutamaan Tanggal 10 muharrom (suro).

Tanggal 10 muharrom (suro)  sangat cocok untuk bermunajat kepada Allah, berdoa yang khusyuk memohon kepada Allah meminta apa yang kita kehendaki (hajati).

cukup dulu untuk saat ini, semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah, mendapat petunjuknya bimbingannya dan hidayahnya, amiin.


#keutamaan tanggal 10 suro #kisah para nabi #puasa bulan muharrom