Kreatin, Penjelasan Tentang Kreatina

Oleh: Pada: 13 February, 2018

Kreatin, Penjelasan Tentang Kreatina

Apa itu kreatin, tadi saya baca-baca artikel tentang kesehatan menambah berat badan dan membuat badan jadi berisi, dan ternyata disitu dissinggung tentang kreating yang dikonsumsi supaya bisa membentuk badan dan menambah kalori dalam tubuh sehingga tubuh bisa cepat bertambah.

berikut ini fakta tentang penjelasan kreatin dari wikipedia ensiklopedia indonesia

Kreatina adalah asam organik bernitrogen yang terdapat secara alami di dalam hewan vertebrata. Kreatina dapat membantu menyediakan cadangan energi bagi jaringan otot dan saraf. Kreatina ditemukan pertama kali oleh Derek Edward Bye pada tahun 1832 sebagai komponen dari otot rangka. Nama kreatina sendiri berasal dari bahasa Yunani, dari kata Kreas yang berarti daging.

Fungsi Kreatin
Kreatina, sesudah dikonversi menjadi fosfokreatina, menjalankan fungsinya bersama enzim kreatina kinase di semua vertebrata dan beberapa invertebrata. Mekanisme ini mirip dengan sistem arginina/fosfoarginina bersama arginina kinase yang ada di banyak invertebrata. Sistem ini bertindak sebagai larutan penyangga (buffer) yang menjaga perbandingan ATP/ADP tetap tinggi di dalam ruang seluler di mana ATP dibutuhkan sehingga menjamin ketersediaan ATP tetap tinggi dan meminimumkan hilangnya nukleotida adenosin sehingga mencegah disfungsi seluler. Larutan penyangga fosfat berenergi tinggi itu dikenal dengan nama fosfoarginina atau fosfagen. Sebagai tambahan, kehadiran isoform kreatina kinase di situs-situs spesifik sel menunjukkan bahwa sistem fosfokreatina/kreatina kinase juga berfungsi sebagai sistem transpor energi dari tempat di mana ATP dihasilkan (mitokondria dan proses glikolisis) menuju tempat di mana energi dibutuhkan (misalnya miofibril untuk kontraksi otot atau retikulum sarkoplasma untuk memompa kalsium)

sumber http://id.wikipedia.org/wiki/Kreatina