Mengatasi Laporan dibatasi robots.txt

Tutorial robots.txt yang dibatasi di blogspot webmaster tools

Halo apakabar kawanku semunya, kali ini kita akan belajar lagi dan bermain-main dengan webmaster tool google, kalau sobat pake blogger/blogspot pasti menggunakan webmaster tool google, dan mungkin disana kalian mendapati yang namanya “dibatasi Robot.TXT” dan akan semakin banyak laporan seperti itu apabila kita mempunyai banyak label atau kategori, sebenarnya itu adalah peringatan dari goole bahwa link yang mereka Crawlers itu tidak bisa di index, karena memang sudah dari sononya bahwa label/kategori blogger tidak akan di index, dan ada juga laporan seperti ini:

http://domain.blogspot.com/search?updated-max=2010-06-14T21%3A27%3A00%2B07%3A00&max-results=4

sebenarnya itu semua tidak ada masalah bagi google itu hanya sebuah konfirmasi atau laporan saja dan tidak berpengaruh terhadap SEO blog kita di SERP, tapi kita akan terasa risih apabila hal ini muncul terus-terusan dan akan semakin banya kalau tidak kita tanggulangi.

baiklah utuk mengatasi hal semacam ini coba saya berbagi pada sobat yang sedang membaca artikel saya ini, langsung saja kita oprek template kita.

Langkah1
Masuk Dasbord edit HTML centang Expand template widget.

Langkah2
Cari Kode seperti ini:
{code type=html}

{/code}

Lalu masukkan Kode ini tepat dibawahnya:
{code type=html}








{/code}

Langkah3
Cari kode seperti dibawah ini:
{code type=html}

{/code}

Langkah4
Cari kode seperti dibawah ini:
{code type=html}

{/code}

ganti dengan kode dibawah ini:
{code type=html}

{/code}

Langkah5
Cari kode seperti dibawah ini:
{code type=html}

{/code}

ganti dengan kode dibawah ini:
{code type=html}

{/code}

Apabila sobat menggunakan navigasi breadcrumb maka kita akan melakukan pekerjaan satu lagi, untuk link breadcrum yang sobat terapkan, bagi yang tidak memasangnya, lewati langkah ini.

Langkah6
Cari kode seperti langkah nomer3 di dalam kode xhtml breadcrumb dan ganti dengan kode seperti ini:
{code type=html}

{/code}

Selesai dan simpan template sobat.

Penjelasan…!

  • kode pertama untuk menghindari index archive blogger dari crawles googlebot, yang memang ini menjadi masalah utama terjadinya duplicat.
  • kode kedua untuk memberitahu google supaya tidak membaca label, kenapa begitu.? karena kalau label dicrawles googlebot maka akan menyerahkan laporan robot.txt yang dibatasi di dalam webmastertool, karena label sudah diset tidak di index.
  • kode ketiga sama dengan nomer dua, tapi yang di hindari ini adalah navigasi postingan lama dan postingan baru yang biasanya terletak dibawah postingan atau halaman blog.
  • kode ke empat sama dengan kode ketiga.
  • kode ke lima untuk nofollow navigasi breadcrumb yang mengarah ke label.
  • oke sobat itu saja dulu dari saya, mungkin ada yang mau menambahkan, silahkan nanti kita bahas bareng-bareng di dalam kolom komentar.

    18 thoughts on “Mengatasi Laporan dibatasi robots.txt”

    1. wah tidak bisa mas, malah muncul seperti ini {Template Anda tidak dapat diparse karena tidak well-formed. Harap pastikan bahwa semua elemen XML ditutup dengan benar. Pesan error XML: Open quote is expected for attribute “{1}” associated with an element type “class”.} cara mengatasinya bagaimana ?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *