Uji coba Mikrotik Mantbox 19s dan LHG 5 dan Disc Lite

Oleh: Pada: 31 January, 2018

Mikrotik yang menjadi salah satu raksasa dunia wireless telah merilis sebuah sectoral antenna include dengan routerboardnya dengan spesifikasi yang cukup mumpuni untuk access point utama pada pemancar wireless.

sebenarnya saya kenal mikrotik lumayan lama namun baru-baru ini saya menggunakannya karena dulu keterbatasan dana (duit) untuk mencoba otak-atik routerOS mikrotik, sekitar satu bulan ini saya sedang mendalami dan belajar mengenai jaringan wireless dengan perangkat mikrotik, salah satu produk mikrotik yang saya pakai kali ini adalah mantbox 19s sebagai base station (Access point) sedangkan station/client menggunakan LHG5 dan disc lite5 dari mikrotik juga.

uji coba saya menggunakan mantbox 19s dengan ketinggian antena 11-12 meter lalu client LHG5 dan disclite 5 ketinggian juga kira-kira sama, dengan jarak sekitar 2.6KM, mantbox 19s ditembak dari arah samping bukan dari arah depan (1 derajat/120 derajat, hasilnya cukup memuaskan sekali.

LHG5 mampu membawa bandwidth sekitar 100MB sedangkan disc lite5 mampu membawa bandwidth sekitar 50MB. (beda lagi hasilnya jika ditembak dari arah depan atau sekitar 100 derajat hasilnya lebih joss)

uji coba ini cukup menguras kantong saya, dengan membeli mantbox 19s harga sekitar Rp 2.700.000 LHG5 Rp 1.250.000 Disc Lite5 Rp 700.000. namun dengan hasil yang saya dapat ini membuat semua jadi terbayarkan, pengalaman ini saya share kepada teman-teman di blog pribadi saya ini supaya kalian mendapat manfaat dari uji coba saya ini dan bisa menjadi amal jariyyah saya.

sekian, semoga bermanfaat, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan komentarnya.


#Disc Lite 5 #LHG 5 #mantbox 19s #Mikrotik #Wireless